Bangunan Unik Masjid Ini Menyerupai Gereja

Masjid Cipari ini menjadi sorotan karena bangunannya lebih menyerupai gereja. Hanya kubah dan menara yang mencirikan bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid. Masjid ini berbentuk memanjang dengan pintu utama persis di tengah-tengah bangunan. Sehingga untuk orang yang pertama kali melihat pasti akan terkesan seperti sebuah gereja.

Tetapi ketika membuka pintu dan masuk ke dalam, ada sebuah mihrab atau sekat yang menempel di dinding arah kiblat. Sedangkan ruang solatnya sekilas terlihat seperti reuang kelas.

Masjid Cipari ternyata merupakan salah satu masjid tertua di Garut. Masjid yang berlokasi di Kecamatan Pangantikan ini mulai dibangun pada tahun 1895 dan selesai dibangun pada 1934. Masjid dibangun dalam kompleks pesantren sehingga membuat kawasan ini kental dengan nuansa Islami.

Selain bangunannya yang cukup unik, ternyata masjid ini juga menyimpan bukti sejarah pada masa perjuangan kemerdekaan.

Sejarahnya, Masjid Cipari juga berfungsi sebgai pesantren yang diketuai oleh Kyai Haji Abdul Kudus dan Kyai Haji Yusuf Tauziri. Di kalangan para pemuka agama Graut, masjid ini juga menjadi salah satu basis perkumpulan organisasi Sarekat Islam.

Pada zaman kolonial masjid tersebut juga pernah berfungsi sebagai tempat latihan perang basis pertahanan hingga dapur umum. Kini bangunan bersejarah tersebut kembali pada fungsi awalnya sebagai masjid dan madrasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *